share ur story, ur world, ur love !

Bisnis Database: Pro dan Kontra

Tulisan ini saya buat sebagai bentuk hmm… apa ya. Bukan untuk apa-apa, sih.

Sebenarnya udah lama banget mau nulis tentang ini.

Apa karena saya PRO dengan bisnis ini? Sebenarnya, nggak gitu juga. Sejak awal, saya juga bukan termasuk orang-orang yang KONTRA dengan ini. Tapi kalau ditanya apakah saya termasuk pelaku bisnis database, ya, saya juga penjual file database.

picsart_01-24-02-44-44

(Maaf kalau selanjutnya banyak penekanan dengan kata yang di-CAPSLOCK)

 

Tentang Saya dan BISNIS DATABASE

Ya, saya juga tergabung dalam bisnis database ini. Tapi kalau saya gak gabung pun, saya gak akan sampai bikin tulisan berapi-api seperti

artikel di blog sebelah yang menyudutkan bisnis ini. Ya Allah, sedih sekali baca artikel seperti itu 😞

Bahkan sampai ada yang komen (yang intinya) :

Bro, saya bukan pelaku bisnis ini, tapi saya gak perlu sampai bikin tulisan seperti yang masbro tulis. Bagaimanapun, tindakan yang masbro lakukan itu jadi menyudutkan pihak tertentu dan mematikan usaha orang.

Ya pokoknya intinya kayak gitulah. Dan saya setuju.

Saya kurang begitu suka MLM, tapi ada keluarga yang ikut bisnis itu, dan saya gak berkoar-koar sampai segitunya kok. Gak sampai bikin orang lain BENCI BANGET sama bisnis itu. Itu kan bisnis dia, urusan dia, kalau udah kelewatan ya kita ingatkan, kalau penipuan ya dilaporkan. Toh, dia jalani bisnis itu dengan kesadaran sepenuhnya. Pasti dia tahu dong, konsekuensi menjalankan bisnis itu gimana?

Saya gak mau sampai sama kayak si penulis artikel (blog sebelah) itu yang bikin pembacanya jadi MUSUHIN BANGET bisnis database ini, sampai bilang β€œdemi Tuhan bisnis ini penipuan” segala 😒

Saya sedih banget waktu baca itu.

Kenapa saya sesedih itu? Sedihlah jelas…

Wong, saya juga PENJUAL file database ini.

Gimana sih, awalnya? Sempat ragu nggak?

Ragu sih enggak, ya.

Awalnya sih, dulu banget, saya sedang kebingungan karena tabungan udah habis. Bingung harus gimana sedangkan suami belum dapat kerja lagi. Waktu dapat info tentang kerjaan ini, saya nekat. Semua sisa uang saya di ATM saya investasikan ke bisnis ini. Yah, kebetulan banget sih, saldonya pas dengan harga filenya. Saya langsung hubungi si penjual, saya bilang saya mau join dan beli filenya. Agak lama dia balas karena dia sedang sibuk juga melayani pembeli lain (plus sibuk dengan kegiatannya juga). Waktu itu, saya sempat berpikir ini penipuan. Wah, saya udah transfer kok gak ditanggapi lagi? Begitu pikir saya. Tapi karena dari awal saya MAU gabung udah membulatkan tekad, jadi gak begitu panik dan gelisah. Saya beranggapan begini di awal: kalau untung, saya bisa dapat file buat bekal saya buka olshop. Kalau buntung, ya mungkin saya ditipu. Dan saya udah niat di awal, ga apa-apalah kalau kena tipu, biar itu jadi sedekah saya buat orang lain. Siapa tahu sedekah saya bisa memperlancar rezeki saya ke depannya. Yah, meskipun harus dengan cara menyedekahkan seluruh uang saya.

Gak dinyana, ternyata si penjual kesulitan ngehubungin saya. Ternyata sinyal saya yang jelek dan dia udah ngirim chat banyak banget. Saya baru sadar waktu sinyal udah lumayan bagus, chat dia baru masuk semua dan waktu ngeliat pesan yang saya terima itu ternyata udah terkirim beberapa menit (bahkan jam) yang lalu. Iya, pas saya nungguin kabar itu. Ternyata dia udah bales dan ngechat banyak banget tapi saya-nya yang gak tahu -____-

Ternyata BUKAN PENIPUAN.

ALHAMDULILLAH.  Saya masuk grupnya dan mulai bimbingan. Saya juga tagih filenya. Alhamdulillah waktu saya cek banyak yang valid (belum semua di cek karena ribuan huhu). Ceritanya kan, saya pengen buka online shop, nah saya manfaatkan aja data di dalamnya. Saya cek ke instagram ternyata ada. Syukurlah. Selain kontak IG, ada juga nomor WA, Line, dsb. Lumayan deh ya 😊

 

Tentang Bisnis Database

Buat yang belum tahu, NIH saya kasih info.

Bisnis database udah berkembang sejak lama.

Di luar sana, ada penjual database yang menjual daftar alamat (yang bisa kita jadikan referensi untuk berbisnis) DALAM BENTUK BUKU (hard copy). Biasanya, mereka (para penjual perorangan) akan mendata toko yang bisa dijadikan tempat kulakan grosir murah untuk kita berbisnis. Ya, itu alamat yang terkumpul dari seluruh Indonesia. Kalau kamu cari alamat grosir murah di Om Google, kamu akan ketemu dengan penjual database alamat grosir itu yang sudah dibukukan. Kamu bisa beli itu dengan harga sekian ribu yang sudah ditentukan. Setelah beli itu, ya sudah. Itu urusan kamu, mau berbisnis dengan toko mana yang akan dijadikan mitra, dan bagaimana nantinya kamu akan menjualnya. Murni harus kamu urus sendiri. Baik itu kamu buka online shop atau offline shop.

Selain penjual perorangan yang menjual data dalam bentuk hard copy itu, ada pula penjual database (atau yang biasa disebut database supplier) yang menjual dalam bentuk soft copy dan kami biasanya berbentuk tim (penjelasan menyusul). Kalau kamu beli buku/hard copy dan ingin menjualnya lagi, kamu hanya bisa jual buku itu sekali saja karena kamu hanya punya satu buku. Tapi kalau kamu beli dalam bentuk soft copy/file, kamu bisa jual lagi berkali-kali.

Pertanyaan yang sering muncul di benak kita:

HALALKAH BISNIS DATABASE INI?

Bahkan saya, awalnya tidak mau menjual file ini lagi, karena ini milik saya. Kalau saya jual, seharusnya file ini pindah kepemilikan pada orang lain dan saya gak bisa lagi pakai file ini. Saya hanya mau memanfaatkan file ini untuk kepentingan saya, yaitu cari mitra untuk buka online shop.

Tapi saya cari lagi infonya, saya tanya kepada orang yang lebih tahu tentang agama.

Saya pikir pada akhirnya, bisnis ini adalah bisnis yang halal. Apa sebab?

Pertama, ada penjual dan pembeli. Saya sebagai penjual, kamu sebagai pembeli. Tentu, kita sudah harus sama-sama dewasa, nggak dipaksa dan tentunya berakal. SayaΒ sebagai penjual gak mau dong, berurusan dengan orang yang nggak sehat akalnya (baca: sakit jiwaβ€”dalam arti memang punya penyakit kejiwaan). Kamu juga gak mau kan, beli sesuatu ke penjual yang β€˜sakit’?

Kedua, ada barang. Iya, barangnya file. KALAU KAMU SEORANG PENJUAL, kasih pengertian bahwa produk yang kamu jual itu file. Beritahu pembeli kalau nantinya meskipun kamu jual ke dia, kamu akan tetap punya file itu juga. Kalian jadi sama-sama punya dan sama-sama bisa pakai. Gak bedalah ya, sama jual e-book atau jasa foto/desain. Si penjual pastinya punya file aslinya. KALAU KAMU SEORANG PEMBELI, tanya produknya. Jangan asal ngomong β€œya saya beli” tapi gak tahu apa yang kamu beli. Tanya bentuk file-nya. Minta screenshot/capture filenya ke penjual. Lihat baik-baik apa saja folder/file yang bisa kamu dapat nantinya. Be a smart buyer.

Ketiga, ada akad. Apa tuh? Akad nikah? Bukanlah. Akad disini maksudnya begini: kamu yang pembeli bilang β€œsaya mau beli” dan kamu yang penjual bilang β€œya, ini bisa kamu beli dengan harga sekian” dan pembeli kasih nilai tukarnya alias uang buat pembayarannya. Pastinya kalau akad dilakukan dengan sadar, proses jual-beli ini terjadi atas dasar suka sama suka dong ya. Eh, suka sama suka itu maksudnya gak dipaksa ya satu sama lain (balik ke alasan pertama). Jadi, kamu sebagai pembeli gak akan bisa bilang β€œeh, saya gak pernah bilang mau beli ini kok, tadi saya cuma bercanda” habis beli barang dan minta uangmu dikembalikan lagi. Gak bisa ya, kalau yang kayak gitu.

Dan karena ketiga hal itulah, akhirnya saya putuskan, saya mau jual file database ini juga. Lagipula data ini bawa banyak manfaat, terlebih untuk mereka yang mau memulai bisnis dan kesulitan cari data.

 

Tentang Artikel Penipuan Bisnis Database

Saya menemukan artikel di mesin pencarian terkenal (ga usah ditanya apa) waktu iseng dan saya menemukan artikel yang langsung bikin nyesek waktu itu juga.

Jadi begini ceritanya.

Saya pikir teman-teman heboh karena apa, ternyata setelah saya lihat sendiri, pernah ada satu (atau beberapa?) orang luar (maksudnya orang di luar bisnis ini) yang menulis bahwa bisnis database adalah penipuan. Si penulis artikel itu mengatakan bahwa tulisannya memang tidak bisa diteliti secara ilmiah, karena dia tidak tahu bisa menelitinya lewat apa. Dia hanya bilang kalau dia akhirnya meneliti database supplier melalui PRODUK dan KEASLIANNYA. Dia selalu minta JAMINAN. Dan dia selalu mendapatkan jawaban yang selalu muter-muter gak jelas. Dia lantas bilang kalau yang dia tanya itu malah menghilang dan jawab dengan diplomatis kalau semua itu ada positif-negatifnya…

Ya Allah, mas (atau mbak ya?), dirimu itu nanya ke penjual yang mana sih? Surveynya ke satu penjual aja? Atau kebetulan nanya-nya TEPAT ke oknum? Kalo iya, pantas saja jawabannya begitu. Karena memang, gak semua yang kita dapat infonya itu adalah penjual yang benar-benar penjual. Maksud saya, ya yang bukan oknum. Bukan penipu. Karena kami sebagai penjual, tahu betul di luar sana banyak penipu. Baik itu penipu sebagai penjual (terima transferan terus kabur, hilang gak ada kabar), atau penipu sebagai pembeli (kirim bukti transfer palsu dan penjual terlanjur kirim barang). Kalau mas sekali itu bertemu dengan yang macam itu, ya jangan terus dipukul rata kalau semua penjual online itu penipu dong 😞

Kalau mas tanyakan tentang produk, keaslian dan jaminan tadi ke saya, saya gak akan muter-muter jawabnya. Begini, lho, mas…

Produk kami jelas gak terlihat, karena kami jual FILE. Kalau mau keliatan, kamu SEBAGAI PEMBELI HARUS KREATIF dong. Tanyakan, seperti apa filenya? Apa formatnya? Bisa minta kirimin SCREENSHOT filenya? Bisa kan? Kalau penjualnya gak bisa kasih lihat, ya sudah. Cari saja penjual lain. Kalau kamu gak percaya, ya sudah. Penjual juga gak akan maksa kamu untuk beli barangnya. Penjual itu juga sadar diri kalau rezeki itu sudah ada yang atur. Kalau dagangannya belum dibeli sampeyan, mungkin rezekinya ada dari orang lain. Begitu (catatan: kamu sebagai penjual juga gak usah ngotot. Mau dipaksa gimana juga kalau dia bukan rezeki kamu, ya dia gak akan beli produk kamu. Simple).

Itu semacam kamu mau beli game, tapi mau tahu gamenya kayak apa. Kalau cuma dengar nama game-nya, kamu gak akan tahu kan, gamenya macam apa? Kecuali kalau judulnya memang menunjukkan jenis permainannya seperti tetris. Lah, kalau Diner Dash? Kan, kita gak tau. Mungkin sebagian orang tahu, sebagian lain nggak. Contoh lain deh. Kalau Get Rich? DOTA? Ya kan gak semua orang tahu. Kayak apa bentuknya, gimana cara mainnya. Oleh sebab itu ada gambar SCREENSHOT dari permainan di dalam game itu, biar kita tahu. Cara main sih, gampang ya. Kalau udah punya game-nya, kita pasti bisa ikutin sedikit demi sedikit permainannya. Toh, gak jarang juga di awal permainan game ada demo atau petunjuk permainannya.

Produk bisnis ini, mungkin memang bukan game…

Kami jual file, isinya adalah database tentang perusahaan/pabrik/distributor/konveksi atau bahkan supplier first hand. Apa itu supplier first hand? Mereka tangan pertama penyuplai produk. Produk mereka didapatkan dari pabrik atau konveksinya langsung. Itulah kenapa kami bisa menjanjikan harga murah karena kita akan berhubungan dengan mereka secara langsung.

Keaslian file? File jelas asli. Yang palsu itu maksudnya gimana ya? -___-

Kalau tanya-nya β€œapa data ini valid”, jawabannya, YA. Seperti yang sudah saya bilang di atas tadi, saya bahkan pernah cek langsung dan memang ada. Bukan cuma sekedar data. Bukan cuma sekedar kontak ala-ala. Toh, dari data ini juga tim kami buka online shop sendiri. Iya, mereka memanfaatkan data dari file ini.

Apa bentuk file-nya? File-nya ada yang PDF, ada yang DOC. Bisa dibuka lewat HP atau PC/laptop. Kalau kamu transaksi dengan saya dan pengen lihat contoh filenya (dalam bentuk screenshot), saya akan kasih, biar kamu tahu apa yang nantinya akan kamu dapat. Kalau kamu udah beli filenya (alias JOIN TEAM) dan gak dapet sama seperti yang ada di screenshot, TAGIH filenya. Itu JAMINAN bahwa kamu bisa dapat file yang sama. Jangan takut. Itu hak kamu. Kamu bayar kan buat BELI ITU. Kalau kamu udah bayar dan gak dapat file-nya, uangnya kemana? Buat apa? Tanyakan itu ke penjualnya.

Wait, tadi, apa kubilang? TEAM?

Iya, tim (yang tadi udah saya bilang kalau penjelasannya nyusul, sekarang mau sayaΒ bahas). Berbeda dengan beli database versi hard copy yang kamu-beli-terus-selesai-dan-urus-semua-sendiri, kalau di sini sistemnya kamu gak akan dibiarin gitu aja. Itulah kenapa kebanyakan di tim ini mengajak kamu beli file dengan kata β€œjoin” karena kamu akan join dengan tim besar kami. Kalau kamu join dengan beli file itu, artinya kamu begabung ke dalam tim bisnis kami. Kenapa jadi pake tim segala sih? Ini kan, cuma JUAL-BELI saja?

Nggak, gak sesederhana itu. Kita gak hanya akan berhenti berhubungan dengan kamu setelah kamu beli file kami. Nantinya, kalau kamu beli file itu, kamu akan punya file dari kami. Kamu bisa jual lagi file itu ke orang yang butuh. Kalau kamu gak mau jual lagi juga bisa, kamu bisa buka offline/online shop sendiri. Manfaatkan data yang kamu punya. Ada ribuan data disana, kamu bisa pilih mau ber-partner dengan pabrik atau toko yang mana.

NAH, kalau kamu join dan pengen buka online shop sendiri gimana? Ya silahkan kalau mau buka olshop. Sebagian kalian mungkin sudah tahu akan bagaimana selanjutnya. Lah, kalau sebagian yang lain pengen mulai bisnis olshop tapi bingung cara mulainya gimana? Pastinya, orang yang baru mulai berbisnis (misal jualan baju) kan suka bingung sendiri, harus gimana setelah ini, setelah itu, setelah begini setelah begitu. Untuk itulah kami ada. Untuk itulah tim ini bekerja. Kami saling membantu kalau ada masalah dan kesulitan. Bisa diajak sharing kalau ada yang kebingungan mengenai bisnisnya. Umumnya sih, kami bergerak di bidang online shop. Offline shop jarang.

Balik lagi ke si penulis artikel penipuan.

Dia ragu kalau data yang kami punya real asli atau nggak. Aduh. Begini lho, mas, awal-mula bisnis ini tuh, ya, ada seorang yang getol banget cari informasi mengenai pabrik-pabrik atau konveksi. Banyak data dari yellow pages juga. Hanya saja, disini ada tambahan berupa kontak lain selain alamat dan nomor kantor. Ada kontak BBM, IG, Line, WA, website, dll. Masih mau nanya ini valid atau nggak?

Buat yang mas bilang kalau bisnis database ini adalah bisnis yang sama dengan pin konveksi yang berubah nama, maaf mas, ini saya beritahu kalau bisnis pin konveksi itu rata-rata hanya kontak pin BBM-nya saja 😊

Duh, saya gak tahu harus jelasin apa lagi, udah terlalu banyak yang mas (dan mas-mas lain) bilang dengan cara menyudutkan yang luar biasa. Saya sih, gak masalah kalau mas mau nulis itu. Silahkan. Tapi bahasanya itu lho, kenapa harus seperti itu? Serius itu mengerikan. Mas mau melaporkan bahwa ini penipuan? Lho ya silahkan. Saya malah SANGAT MENYARANKAN, kalau memang terjadi penipuan. Kumpulkan buktinya, kirimkan ke pihak berwenang terkait. Kami para penjual juga mendukung untuk menuntas-tumpaskan penipu kok…

Untuk yang pernah posting artikel bahwa di bisnis ini kami jual software dan software-nya tinggal di-install terus nanti menghasilkan uang (yang katanya software-nya jalan sendiri, entahlah gimana maksudnya), kok, saya malah gak paham ya itu ngomongin apa. Soalnya kami gak jual software begituan hehe. Dan benar, gak ada yang instan. Bahkan kami jual database pun juga bekerja keras. Kami berusaha. Kami tetap berdoa. Rezeki udah ada yang atur kok. Kami juga ada di bisnis ini sadar, semua butuh proses. Dan kenapa terjun ke bisnis ini? Gak ada yang tahu kan, rezeki kita dimana. Barangkali kami temukan rezeki kami disini.

Bagaimana dengan TESTIMONI?

Alhamdulillah tim kamiΒ fair, gak berbuat curang dengan mencuri testimoni orang/tim lain atau mengada-ada testimoni. Bahkan testi yang bilang bahwa seorang ibu rumah tangga yang bisa beli mobil (maksudnya membantu suaminya beli mobil), itu juga gak dibuat-buat. Itu murni hasil usaha tim kami. Dia memang sudah berhasil menjalankan online shop-nya dengan baik dan menghasilkan puluhan bahkan ratusan juta. Gak ada yang salah dengan testimoni itu. Dia ingin kami yang satu tim juga semangat dalam bekerja. Jangan menyerah. Percaya bahwa kalau sudah rezeki ya gak akan kemana. Meskipun yang terpenting, jangan lupa juga sedekah. Bentuk promosi dengan menampilkan testimoni itu juga sebagai bentuk kesuksesan bimbingan dari kami. Begitulah…

 

Untuk Kamu yang Ingin Berbisnis

Maaf, bukannya promosi. Tapi memang saya benar-benar ingin menyampaikan ini. Mungkin ada yang butuh, sudah cari tahu tapi gak tahu harus gimana dan bingung cari tempat untuk bertransaksi dengan aman dan terpercaya. Toh, gak semua orang bisa belajar otodidak untuk memulai bisnis. Gak semua orang jago nyari info yang bisa dipraktekkan.

Buat kamu yang pengen mulai bisnis tapi kesulitan untuk beli file yang komplit, saya menyediakan file database yang bisa kamu beli. Kamu bisa beli file-nya ke saya, kamu bisa pilih kontak yang kamu mau jadikan sebagai mitra dari database itu kalau ingin buka toko offline atau juga online shop. Mau itu jual sepatu, jaket, baju, accessories HP, tas, dompet, pakaian bayi, mainan, apapun. Kalau butuh bantuan untuk dibimbing/diarahkan ke langkah selanjutnya, insyaallah saya bisa bantu.

Kalau kamu takut saya menipu, kamu gak usah paksakan untuk melakukan transaksi dengan saya ya 😊

Saya gak membatasi kontak dengan member. Saya berani kok, share nomor HP kalau kamu butuh jaminan kontak saya nantinya. Kamu bisa laporkan kalau saya melakukan kejahatan penipuan 😊

Toh, gimana mau nipu ya, saya udah nulis ini di blog dan pasti semua orang bisa akses ke situs ini. Di blog ini juga ada link ke facebook saya, link ke IG saya. Ada banyak akun yang bisa dijadikan jaminan dan dilaporkan nantinya. Jadi, saya gak akan mau dan gak akan bisa menipu. Saya juga punya pekerjaan lain yang harus dikerjakan, jadi saya gak punya banyak waktu untuk melakukan penipuan. Lebih baik melakukan hal yang bermanfaat untuk diri saya dan orang lain saja.

Saya akan terbuka menerima reseller baru yang menghubungi saya.

Mengenai harga, kamu bisa cek harga lewat chat di line@, siapa tahu saat kamu chat saya, harga sedang promo 50%. Tentunya kamu harus punya id line dulu ya πŸ˜…

Kenapa harganya mahal?

Ownernya dulu pernah bersusah payah mengumpulkan data dari berbagai tempat dan dengan berbagai cara. Tentu ada harga yang harus dibayar untuk jasanya. Saya disini juga sebagai penjual jasa (yaitu memberikan data), untuk kamu yang membutuhkan data-data ini. Kalau saya langsung kasih semua datanya, ownernya keberatan. Bagaimanapun, saya bisa jual lagi data ini karena ownernya juga mengijinkan file ini dijual kembali (resell). Ralat, bukan mengijinkan. Mengharuskan malah. Karena, serius, datanya banyak banget. Jadi ya, begitulah. Ada harga ada kualitas 😊

FYI, selain jual database, saya juga sedang open rekrut agen pulsa dan kuota.

Untuk yang serius ingin memulai bisnis, bisa add line @tek1955r dan chat saya (kabarkan kalau kamu tahu kabar tentang bisnis ini dari blog saya ya). Atau kalau saat ini kamu sedang mengakses situs ini lewat HP, kamu bisa langsung klik link ini http://line.me/R/ti/p/%40tek1955r dan add kemudian chat. Sekedar info, itu akun bisnis saya. Kalau mau line akun pribadi saya nanti bisa minta lewat chat disitu. Karena nantinya kalau kamu fix join atau beli database dari saya, untuk bimbingan bisnis kamu akan dibimbing lewat akun line pribadi saya supaya lebih mudah.

Terimakasih semua. Terimakasih telah membaca hingga tuntas.

Terimakasih telah mengerti.

Terimakasih pula telah mau bergabung di bisnis saya 😊

12 responses

  1. Aku punya temen yang bisnis serupa. Aku baru tahu kalau itu bisnis database. Tapi sumpah itu ngeselin mbak, timeline ku jadi penuh iklan nya dia πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ hahaha
    Aku sebenarnya butuh agen, pabrik atau siapa yang bisa menampung kopi. Gak bisa po mbak curiin satu atau dua data untuk aku? Hahah
    Menarik nih. Semangat, yak Mbak.

    January 24, 2017 at 16:05

    • Mas ada id line? Sini tak add-nya. Barangkali bisa kasih solusi πŸ˜…
      Atau kalau gamau id-nya kesebar, chat aja ke link di atas itu..
      *serius lho ini mau bantu*

      January 24, 2017 at 16:17

      • Gak punya line. Seneng banget nih mau di bantu. Tapi nanti aja deh kalau sudah bisa ngurus diri sendiri aku nyari Mbak Veera untuk urusan bisnis. Masih berantakan belum ada yang ngurus πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ ini mah apa banget.

        January 24, 2017 at 16:30

      • Hahahahaha. Ngakak aku sejak komen pertama tadi. Trus kalo gapunya line, temen mas yg bisnis itu tuh nyepam di timeline mana? FB ya? Wkkk. Kalo aku sih ga pernah posting bisnis di akun pribadi karena pasti bakal mengganggu. Kalau org lain sih ada yg begitu, tergantung orgnya jg sih ya. Dari awal emang niatnya bkn fokus jual yg satu ini sih ya haha. Makanya kuposting barangkali ada yg butuh πŸ˜‚
        Eh, ini lagi. Ngomongin tentang urus mengurus. Nunggu bisa ngurus diri sendiri apa nunggu ada yg ngurusin tuh? Bahahahah. Serius itu alasan apa banget πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
        Ntar kabarin aja, aku ada kenal 2 bisnis kopi, satu independen punya temen seangkatanku, satu lg punya (apa ya? semacam) outlet di kampus, ownernya senior satu fakultas jg huehehe.

        January 24, 2017 at 16:45

      • Weeeek mendinglah bikin ngakak daripada bikin sedih. πŸ˜‚πŸ˜‚
        Iya dia nyepam… Ah bukan nyepam lagi tapi nyampah di FB dan Twitter. Asli aku kesel banget dan ditambah beberapa alasan serupa (memang jamannya medsos marketing sih) aku mulai jarang buka FB jadinya. Cuma Twitteran aja. Tergantung orangnya ya? Tapi ini kok kayak pasar dadakan gitu, semua orang keroyokan spamming di timeline *kan jadinya politisasi status jadi puisi atau prosa gak laku. Survival of the fittes, aku out! πŸ˜‚

        Dua duanya aja kali ya, nunggu bisa ngurus dan nunggu diurus πŸ˜‚πŸ˜‚ soalnya kepalaku bisa meledakkan kapan saja.

        Siaaaaap, Mbak! Aneh belum pernah ketemu, tapi kayak udah jadi temen beneran kih.

        January 24, 2017 at 17:31

      • Panjang amat komenku -,-

        January 24, 2017 at 16:45

      • Santai, aku pendendam yang kejam kok mbak. Komen panjangmu tak bales gak kalah panjang.

        January 24, 2017 at 17:32

  2. Nice post

    January 31, 2017 at 20:29

  3. Informasi adalah senjata, informasi adalah uang. Selama ini aku tahu itu, namun baru kali ini melihat bentuk konkritnya. Aku juga baru tahu kalau bisnis jual data informasi seperti ini ada. Kalau boleh tahu, database yang kamu kelola mencakup produk2 seperti apa vir?

    February 4, 2017 at 21:41

    • semua produk ada haha

      April 4, 2017 at 12:24

      • shasha

        Jadi,, jawabannya bisnis database tidak haram ya mbk?

        April 12, 2017 at 20:34

      • shasha

        Jadi,, jawabannya bisnis database tidak haram ya mbk?
        #boleh chat lewat line mbk? Mo tanya…

        April 12, 2017 at 20:39

Leave a Reply

