share ur story, ur world, ur love !

Kaleidoskop 2016 – Resolusi 2017

Ini cerita awalnya, aku pernah nyasar di postingan Mbak Syera. Setelah itu, ‘dipaksa’ sama si Valen juga buat bikin ini. Eh, ketiga kalinya, ketemu lagi sama postingan Dini yang makin bikin pengen nulis. Iya, mereka bertiga bikin Kaleidoskop 2016.

Sebenernya agak berat buat nulis ini. Aku bukan orang yang suka ngerayain tahun baru. Jadi, entah ada hubungannya atau nggak, buat aku nulis ini jadi kayak apa ya. Ya gitulah. Tapi karena ini gak ada buruknya buat aku kerjain, yaudah. Apa salahnya?

Entahlah apa yang bisa aku tulis. Rasanya aku gak punya apa-apa untuk dikenang… *hiks*

[Kaleidoskop 2016]

Januari

Hmm. Ini jaman-jaman aku masih ngerasain UAS dulu. Inget soalnya dulu pernah nge-capture postingan @dagelan di IG yang nyebelin banget: Pray for IPB.

10847294_598030277010545_348986691565044965_o

Ini juga masa-masanya pusing nyari lokasi praktek kerja profesi (PKP), yang akhirnya diputuskan untuk PKP di Puncak, di daerah Megamendung sana.

Februari

Ini ceritanya lagi PKP, lhadalah malah sakit. Aku lupa itu kenapa, tapi ada masalah sama bagian dalem perutku. Gara-gara punya riwayat penyakit tukak lambung akut, akhirnya jadi khawatir sendiri. Malah jadi ngerepotin temen-temen PKP dan pihak Hutan Organik Megamendung karena ribet buat bawa aku periksa…

Tapi Alhamdulillah sembuh. Syukurlah.

Maret

Bulan ini, aku selesai PKP dan balik kosan. Sempat pulang ke Jogja buat ngasih UmmiΒ surprise pas ultah Ummi yang ke-50 tahun. Nyampe di Jogja pas banget di tanggal ultahnya: 20 Maret. Ummi kesel dan ngambek sama abi seharian, gara-gara aku pulang ke Jogja ga ngabarin dan abi sekongkolan sama aku. Hahahaha.

Bulan ini aku lagi ribet-ribetnya sama laporan PKP. Iya, namanya laporan. Tapi nggarapnya udah kayak nggarap skripsi. Pusing.

April

Masih ribet sama laporan PKP. Alhamdulillah akhir bulan seminar PKP juga. Udah kubilang di awal kan kalo ‘ini’ mirip skripsi? Iya, abis seminar PKP ini nantinya ada sidang PKP juga…

Tanggal 23 April 2016 ini mas nge-lamar aku. Maksudnya ya nelpon abi itu, nyampein maksudnya kalo mau ngelamar (kayak yang sebelumnya aku ceritain). Bukan ngasih cincin sambil berlutut sama aku nanyain “Maukah kamu jadi istriku?” Oke itu gak banget. Aku malu sendiri bayanginnya -___-

Gara-gara kejadian tanggal 23 April itu, aku gak fokus buat seminar PKP buat tanggal 25 April. Aku nangis dua hari itu dan malah gak belajar buat presentasi 😦

Mas ini kayak gak ada tanggal lain aja ya buat ngasih surprisenya? Untung seminarnya lancar 😦

Mei

Setelah seminar PKP bulan lalu, aku sidang PKP bulan ini. Lupa tanggal berapa hahahahahahaha. Itu ketawa sedih lho. Iya. Karena gara-gara sidang itu, sampai sekarang (yang mana besok adalah tahun 2017) laporan PKP gak juga kelar. Apa sebab? Ah, panjang ceritanya. Dan ini sungguh memilukan. Aku gak bisa cerita tentang ini…

*mojokΒ again* *nanges*

27 Mei 2016 akhirnya aku nikah sama Mas Superman. Yaaaah, baru akad nikah sih. Tapi itu yang penting kan? Hehehe. Alhamdulillah halal πŸ™‚

Juni

Bulan ini bikin sedih karena kangen pengen ke Sulawesi lagi, ekspedisi lagi, naik kapal TNI lagi. Tapi emang gak mungkin sih ya…

Bulan puasa aku pulang ke Jogja. Sendiri. Maksudnya, ya, tanpa suami (waktu itu masih aneh buat bilang ‘suami’ -__-). Kami pulkam sendiri-sendiri karena alasan yang udah aku ceritain di kisahku sebelumnya.

Juli

Ini bulan yang capeeeeeknya bukan main di jalan. Berturut-turut: Pulang kampung ke Madura. Balik lagi ke Jogja. Mampir rumah nenek di Bandung. Balik Bogor, finally.

Bulan ini, mas berhenti kerja dari kantornya yang lama. Sejak itu, waktunya bener-bener buat nemenin aku sepenuhnya. Apalagi aku udah ga ada kelas kuliah.

Akhir Juli banget, aku dapet kontrakan di daerah Pagelaran, Ciomas, dan mulai langsung nempatin. Akhirnya serumah juga sama kangmase :”

Agustus

Aku mulaiΒ lanjut ke penelitian.Β Skoring pohon plus, nyari hutan lokasi penelitian, skoring lagi, dan lain-lain (yang berhubungan) daaaaaaaaaan seterusnya.

Aku sampe eneg. Tapi tetep harus lanjut 😦

September

Masih lanjut skoring. Lamaaaa loh ini. Jangan dikira. Aku butuh sampel DNA dari 60 pohon nantinya. Hasil skoring pohon plus sebanyak 30 pohon (dari banyak pohon yang diukur) dan 30 pohon yang jelek (non pohon plus). Yah, pokoknya gitulah ya. Aku stress gegara ini. Suka nangis dan kesel sendiri karena kadang abis ngukur beberapa pohon, ternyata gak masuk kualifikasi pohon plus (skor gak memadai) dan harus cari pohon lain. Frustasi berat. Apalagi kalo ceritanya baru aja nyampe di hutan trus tetiba hujan. Biasanya paling nggak ujannya tuh kalo aku udah dapet minimal 2 pohon plus (atau yang jelek juga gapapalah) tapi itu malah belum dapet apa-apa sama sekali, trus terpaksa pulang. Padahal hutannya jauh banget 😦

Untung masnya sabar. Dia yang paling banyak bantu selama itu. Ngehibur abis-abisan, nenangin aku mati-matian. Yah, syukurlah ada yang mau diajak susah.

Bulan ini, akuΒ nyambi ngajar les privat buat anak SMA kelas 1. Seminggu 3 kali abis maghrib sampe jam 9 malem. Hmm. Terakhir kali aku ngajar les anak SD, aku dapet tawaran ngajar SMA dan aku tolak. Kali ini dapet tawaran lagi dan aku terima. Mauku apaan sih? Ah. Dulu karena aku lagi sibuk ngampus dan organisasi aja makanya aku tolak. Sekarang kan udah lepas jabatan… *ngeles*

Oktober

Ada progress dari penelitian. Alhamdulillah sampel daun udah bisa diambil karena 60 pohon terpilih udah selesai di-skoring. Butuh waktu kurang lebih seminggu itu ambil sampel. Lumayan sulit soalnya harus manjat pohon buat ambil metik daunnya. Pohon sengon kan tinggi-tinggi (dan bukan aku/mas yang manjat) ._.

Bulan ini aku sempet kesel karena penelitian ini. Kesel banget, sampe aku MALES banget buat nginget penelitian ini. Aku sempet ngelupain kalo harus ambil sampel.Β Aku sampe mikir: aku udah hampir ngebunuh orang gara-gara penelitianku ini. Ceritanya ada kejadian gak terduga waktu orang yang mau ambilin sampel tetibaΒ kesetrum kabel telanjang di pinggir jalan. Gimana bisa? Ah, maafkan aku ga bisa cerita. Aku gak sanggup nginget itu lagi. Apalagi waktu itu, mas sempet mau nolongin dan malah ikutan kesetrum. Aku nangis karena ngerasa habis akal. Aku putus asa. Tapi yang jelas, semuanya aman. Orang yang bersangkutan alhamdulillah selamat. Mas juga gak kenapa-napa. Udah. Pokoknya aku (mohon maaf) gak bisa cerita ini banyak-banyak :(((((

Pertengahan bulan ini aku cek ke RS KBP dan akhirnya tahu kalo aku hamil. Baru juga mulai nge-les-in privat bulan lalu (awal), bulan ini aku terpaksa berhenti karena alasan itu. Udah jalan 6 minggu dan kondisiku mulai gak bagus buat sering-sering keluar. Apalagi keluar malem.

November

Pokoknya ini ceritanya, sampel daun udah beres diambil semua dan aku udah mulai bisa ngelab (harusnya). Tapi sampe sekarang gak juga ngelab karna lagi-lagi alasan kesehatan. Nanti bakal balik ke lab buat ekstraksi DNA dan segala macemnya yang emang harus dilakuin.

Bulan ini mas keterima kerja di perusahaan konstruksi BUMN, sebagai koordinator HSE. Otomatis, kerjanya di lapangan. Bukan di kantor. Yaudahlah ya, gapapa. Emang rejekinya disitu mungkin. Harus sabar-sabar dulu buat gak sering ketemu. Meskipun yaaaah, gara-gara itu aku stress sendiri, nangis-nangis ngegalau sendiri di rumah gara-gara kesepian, daaan pokoknya jadi sensitif. Sedih sesedih-sedihnya. Biasanya ada yang nemenin, biasanya kemana-mana dibarengin, biasanya kalo lagi ngedrop dilayanin…

Selama hamil dua bulan itu, aku mual-muntah dan gak sanggup ngapa-ngapain. Mas yang masak, yang bersihin rumah, seeemuanya. Bayangin aja kalo tiba-tiba dia harus pergi. Aku gak bisa ngapa-ngapain dan kesepiannya makin menjadi. Aku hampir gila -_-

Akhir bulan aku putusin buat pulang ke Jogja. Gak tahan. Yah, meskipun di jalan aku gak bisa tidur karena muntah-muntah terus. Maaf ya buat para penumpang 😦

Desember

Aku mulai kuat dan bisa ngelewatin Hari H resepsiku dengan baik.

10 Desember 2016 malam, aku resepsi nikah dan mas pulang (yeay! Aku tetiba sehat karena dia kali yaaaa xD ). Mas cuma dua hari sih dikasih ijinnya, abis itu balik lagi ke site lokasi 😦

Gapapalah yang penting udah ketemu.

Sekarang sih, masih mual kadang-kadang, tapi gak sampe muntah kayak waktu itu.

Bulan ini full di Jogja dan istirahat. Gak terlalu kesepian karena sama orang tua disini. Hehehe. Januari nanti harus balik Bogor dan entahlah bisa kuat atau nggak sendirian di rumah.

Desember ini kayaknya menyenangkan dan membahagiakaaaaaan bangeeet. Aku udah resepsi. Aku dapet kabar (tepatnya baru tahu) kalo hasil lomba yang aku ikutin udah dibukuin, dimana tulisanku ada di dalamnya. Aku juga dapet kabar dari tim kalo PKM-AI kami lolos dan didanai. Alhamdulillaaaah.

Ah. Iya. Bulan ini juga, aku mulai ngeblog lagi. Udah kangen banget. Obat kesepian juga kali ya, blog ini. Nanti setelah balik Bogor, aku gak tahu masih bisa ngeblog atau enggak. Di rumah susah sinyal banget soalnya, buat internetan :’)

[Resolusi 2017]

(Tadinya, mau nulis resolusi ini secara terpisah. Tapi kok kayaknya bakal dikit banget. Jadilah aku sambung aja. Hahaha.)

Aku ngerasa, aku adalah orang yang selalu menomorsatukan pendidikan. Buat aku, skripsiku di tahun 2016 ini belum berjalan dengan baik. Tapi gak apa-apa. Semoga gak ada masalah ke depannya.

Harapanku, di tahun 2017 nanti, aku bisa:

1. Nyelesein laporan PKP-ku yang gak juga kelar. Semoga bisa secepatnya. Semoga ga diminta revisi lagi (untuk ke-seeeeeekiaaaan kalinya) sama ibu pembimbing tercinta 😦

2. Ngelab dan beresin penelitian. Susun skripsinya.

3. Lahiran normal-lancar tanpa perlu operasi cesar, anak-ibu sama-sama sehat. Anaknya ganteng/cantik, sholeh(ah), pinter, nyenengin banyak orang, dan mirip bapak-emaknya. Ntar kalo gak mirip dikira anak siapa? 😦

4. Mungkin gak ya, kalo di tahun ini PKP-Penelitian-Skripsi-Wisuda dikejar sekaligus? Kalo mungkin, aku pengen lulus tahun ini juga. Aamiin.

Happy holiday all!

Selamat istirahat buat yang gak taun baruan. Kita sama πŸ˜‰

Advertisements

33 responses

  1. Keren bet kamu tev vir. Kemarin niat bikin beginian, tapi ternyata susah lantaran nggak inget kejadian2 di bulan yang lalu wkwk….

    Ngomong2 kaleidoskop ini dipenuhi dengan ‘hutan’ ya wkwk. Sama Mas Superman juga semenjak Mei. Didoakan semoga PKP, skripsi, wisuda, kelahiran semua lancar!

    December 31, 2016 at 12:47

    • Apanya keren del? Tolong jangan dihina del, tolong 😦
      Hahahahaha
      Iya, dipenuhi hal-hal serius tahun ini del. Huft. Pengen yang gak serius. Pengen janjalan wkkk.
      Aamiin!

      December 31, 2016 at 13:07

      • Huft…
        Kan udah ada Mas Superman sekarang Vir, seakan bisa terbang janjalan ke mana yang kamu suka hoho

        December 31, 2016 at 15:25

      • Terbang ke alam mimpi πŸ˜‚

        January 8, 2017 at 09:49

      • Ah bahagianya… ❀️

        January 8, 2017 at 22:39

  2. Great story! Semoga lancar dan sukses semuanya yak. Amin

    December 31, 2016 at 13:07

    • Aamiin. Terimakasih doanya.
      Semoga berbalik dan jadi lebih baik untuk mas Andi!

      December 31, 2016 at 14:21

      • Amin Ya Allah!! Allahumma sholli ala Muhammad! πŸ™‚

        December 31, 2016 at 16:45

  3. Bang Ical

    Ternyata Meduro 😁

    December 31, 2016 at 13:10

    • kan udah diceritain di kisah yang berpart-part teaaa bang :))))

      December 31, 2016 at 14:21

      • Bang Ical

        Luput. Perhatian saya ndak ke detail itu, gegara ceritanya bikin galau πŸ˜…

        December 31, 2016 at 14:58

      • Alibiiiii πŸ˜›
        Hahahahahaha

        January 8, 2017 at 09:48

  4. Amen Amen Amen Amen dan Amen. . . semangat (ke diri sendiri juga sih hi hi hi hi) tugas akhirnya pasti bisa. . . !!! Veera enak nih punya superman, lha aku. . . ? lol

    December 31, 2016 at 13:18

    • Yaelah vaaal, kan udah nemu supermanmu sendiri sekarang πŸ˜‰
      Hahahahahaha
      Semangaaat kita!

      December 31, 2016 at 14:22

  5. DYF

    Padat sekali kegiatannya mbak.
    Yang menang lomba itu buku apa kalau boleh tahu?

    December 31, 2016 at 14:06

    • Apa ya. Hihihi. Udah pernah posting sih sebelumnya. Judulnya Kisah Ramadhan Mahasiswa Rantau, dipilih dari 20 besar tulisan yang masuk.
      Itu gak padat mas, serius. Itu lebih ke… errr… apa ya?

      December 31, 2016 at 14:27

  6. Viraaa semangat skripsiannya, selesaikan dlu PKP nya, dan smoga nanti lancar lahirannya yaa aamiin

    December 31, 2016 at 15:07

    • Aamiiiiiinnnn. Makasih mbaaaaak 😍

      January 8, 2017 at 09:48

  7. Ceumungudh mbaak e πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ
    Ngebaca perjalanan mbak vera menuju wisuda..
    Mmbuat aku yg bru selesai PKL berasa down.. Blm ngapa”in udh khawatir ditolak,revisi dan segudang huuft lainnya πŸ˜“

    December 31, 2016 at 16:02

    • Jangaaaan. Jangan terpengaruh sama tulisankuuuu. Errr. Kamu pasti bisa! Huehehe. Semangaaaat ya cinta 😍

      January 8, 2017 at 09:54

      • Ngatss ngatsss πŸ’ͺπŸ’ͺ

        January 8, 2017 at 16:05

  8. Insyaa Allah semua resolusi 2017-nya bisa semua semangat. Mas Superman dan adik yg masih dalam kandungan jd penyemangat πŸ˜€

    December 31, 2016 at 16:35

    • Iyaaaa mbak. Syemangat! Hihi

      January 8, 2017 at 09:55

  9. Cemungud teteh Veraaa! Semogaa resolusi 2017 dapat terwujud dengan lancar djayaaa

    December 31, 2016 at 18:28

    • Aamiiiiiinnnnn. Makashi banyakk lho putsayang 😘

      January 8, 2017 at 09:58

  10. Waaah moga lahirannya lancar dan dedeq nya menggemashkan!

    January 1, 2017 at 13:13

    • Aamiin. Thanks mbakfasy! 😍

      January 8, 2017 at 10:00

  11. Waaah, saya baru tau kamu udah nikah, seriously
    Jarang buka WP juga sih, sekalinya buka untuk publish ajah
    Maaf telat ngucapinnya but Congratulation for you marriage, semoga sampai dipertemukan kembali di surga-Nya kelak yaah πŸ˜€

    Dan saya yang notabene lebih tua darimu baru tengah taun ini ke jenjang itu, hehehe

    Semoga lancar yah lahirannya, sehat ibu dan dede bayinya πŸ™‚

    January 2, 2017 at 18:09

    • Aamiiiiiiinn. Semoga lancar sampai hari H yaaa kaaaak. Semangaat! Dibawa santai kak ya jgn sampe terlalu degdegan wkkkk.
      Makasih doanyaa 😍😘

      January 8, 2017 at 10:05

  12. Hari2 2016 alhamdulillah babyak lancarnya ya. Moga di 2017 lebih lancar lagi

    January 3, 2017 at 15:59

    • Alhamdulillaaah. Aamiinnn 😁

      January 8, 2017 at 10:10

  13. Semoga resolusi 2017 bisa tercapai, aamiiin
    Biarpun baca ini kayak lagi baca buku IPA, tapi bagian nikah sama hamilnya nyenengin banget. Selamat yak 😍😍😍

    January 4, 2017 at 17:14

    • Hahahahaha buku ipa πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ maafin 😒
      Aamiin. Terimakasihhhh 😍

      January 8, 2017 at 10:11

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s