share ur story, ur world, ur love !

Om, Telolet, Om!

telolet-om

Om Telolet Om, hahaha

Belakangan ini, aku sering banget denger “om telolet” atau “telolet om”. Awalnya, aku acuh tak acuh aja. Kupikir itu bukan obrolan yang se-viral itu. Lama kelamaan, makin banyak yang sering ngomongin dan aku makin penasaran. Tapi penasarannya cukup sampai situ aja, cukup bertanya-tanya sendiri dalam hati, dan gak coba cari tahu tentang itu 😀

Sampai akhirnya beberapa hari lalu, dua orang teman share video di grup kelas di LINE. Satu orang share video asli “Om telolet om” yang tersebar di dunia maya, satu lagi lawakannya yang isinya ada satu orang dewasa pegang tulisan “Om telolet” dan nunggu pesawat lewat buat dengerin suara klakson dari pesawat. Hahaha.

Dari situ akhirnya aku tahu, maksud dari telolet itu adalah suara klakson dari bus yang lewat. Meskipun pada akhirnya aku tahu dari grup kelas, aku masih aja penasaran dari mana sebenarnya ini berasal. Kenapa bisa se-hits ini? Akhirnya kuputuskan buat nyari tahu di Mbah Google, mbah bijak yang serba tahu.

Jadi, menurut beberapa sumber, anak-anak di daerah Ngabul, Jepara memang memiliki kebiasaan berburu suara klakson tiap sekitar jam 4 sore. Nggak hanya anak-anak sebenarnya, tapi para orang tua, mbak-mbak mas-mas atau kakak-kakaknya (pokoknya yang nemeninlah ya) itu juga ikutan. Anak-anak itu banyak juga yang masih pake seragam lho. Biasanya mereka akan berdiri di tepi jalan raya yang dilewati bus antar kota antar provinsi (AKAP) lintas Jawa Tengah sambil kadang bawa kertas besar atau potongan dus bertuliskan “OM TELOLET OM!”. Gak cuma bus, sih, ya. Truk besar juga kadang diteriakin teriakan khas itu hihi.

Tentu saja, om telolet nggak akan se-viral ini kalo nggak ada yang nge-post tentang ini. Salah satu pengguna facebook bernama Riyadh As’ari sempat posting videonya yang isinya anak-anak di tepi jalan yang nungguin bus lewat dan teriak “Om telolet om” setiap ada yang lewat. Anak-anak ini bakal teriak kesenengan kalo bus yang lewat pada bunyiin klakson yang nadanya aneh-aneh itu. Bunyi klaksonnya panjang dan tiap bus punya nada yang beda-beda. Kalo ada bus yang lewat dan cuma bunyiin dengan suara klakson yang biasa (suara klakson pada umumnya) atau bahkan gak nge-klakson, anak-anak bakal ngomong “huuuu” karena kecewa. Hahaha.

Setelah tau tentang ini, sempet ngakak-ngakak sendiri sih. Nontonnya juga gak cuma sekali karena ini bener-bener lucu! Serius.

Apa ya. Ga ngerti juga kenapa. Rasanya ikut bahagia sama anak-anak ini. Bahwa kebahagiaan itu mudah sekali ditemukan. Buat anak-anak, sebenarnya bahagia itu sederhana. Iya, memang sesederhana itu.

 

Note: Buat yang mau liat videonya silakan cek link diatas ya. Maaf belum bisa insert disini karena blog ini masih gratisan dan ga sanggup insert di postingan ini hahaha.

Advertisements

9 responses

  1. wah aku malah baru tau setelah baca tulisan ini, tapi unik juga ya mereka rela berdiri di pinggir jalan sekedar nunggu bunyi klakson hehehe

    December 19, 2016 at 15:06

    • temen-temen sering becanda “telolet” gitu sih mas, jadinya kesel sendiri kalo cuma aku yg gapaham hahaha. klaksonnya juga bunyinya lucu dan nyebelin :)))

      December 19, 2016 at 15:45

      • baru ngeh ternyata videonya viral banget di youtube dan lucu. baru ngeh juga kalau di daerahku juga ada kendaraan yang punya klakson begituan tapi kan ga tau kalau itu yang lagi ngetrend karena “telolet” hahaha

        December 20, 2016 at 11:33

  2. Aku liatnya di fb sih waktu itu ada yg share …lucu ya, anak2 ini pergi ke jalan dan minta suara dengar klakson…kasihan juga anak2 itu harus kek gitu..takut kesamber sih kalau akunya

    December 20, 2016 at 00:39

    • asal mereka masih di tepi jalan yang aman gapapa kayanya. tapi kalo ke tengah itu yang bahaya hehe. semoga orang tua/yg mendampingi bisa selalu mengawasi 🙂

      December 20, 2016 at 08:17

      • iya ya…takutnya sama supir yg ugal2an ..salah2 kena srempet itu bocah-bocah ya..

        December 21, 2016 at 03:24

  3. Jaman sekarang kadang hal sederhana pun uda bisa jadi viral ya mb 😘

    Salam kenal

    December 21, 2016 at 10:06

    • Salam kenal juga mb 🙂

      December 21, 2016 at 14:35

  4. Betul, itu lagi viral belakang ini. Gak mesti yang berat2 yang selalu dibagikan, yang sederhanapun perlu juga. Siip.

    December 22, 2016 at 09:56

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s