share ur story, ur world, ur love !

Tugas Perilaku Konsumen

Maghfiroh Al-Fajriyah mahasiswa

Silvikultur,

Fakultas Kehutanan, Institut Pertanian Bogor.

 

Kuliah Perilaku Konsumen Feb – Juni 2014

Dosen:

Prof Dr Ir Ujang Sumarwan, MSc

Dr Ir Lilik Noor Yuliati, MFSA

Ir. MD Djamaluddin, MSc

Ir. Retnaningsih, MS

 

Ujang Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Edisi 2 Cetakan 1. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.

cover handout perilaku konsumen

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Catatan Kuliah Pertama

 

Saya Maghfiroh Al-Fajriyah mahasiswa Silvikultur, Fakultas Kehutanan, Institut Pertanian Bogor.

Pada hari Rabu, 19 Februari 2014 saya mengikuti kuliah Perilaku Konsumen sebagai SC, dan kebetulan saya mengambil mata kuliah tersebut pada saat KRS-B. Kuliah ini disampaikan oleh dosen yang ahli di bidangnya, yaitu Ir. MD Djamaluddin, MSc. Menurut beberapa teman saya yang saya tanya pendapatnya, dosen penyampai materi Perilaku Konsumen pada pertemuan sebelumnya (pertemuan pertama kuliah Perilaku Konsumen) berbeda dengan dosen yang mengisi pertemuan kuliah pertama saya, yaitu Prof Dr Ir Ujang Sumarwan, MSc. Beliaulah yang menulis buku dengan judul Perilaku Konsumen yang dijadikan sebagai buku pegangan untuk mahasiswanya.

Mata kuliah ini sangat menarik karena mempelajari segala hal tentang konsumen, yakni kebiasaan-kebiasaannya, hal yang mempengaruhi keputusannya, dan semua hal yang berkaitan dengan konsumen. Masing-masing konsumen memiliki motivasi dan kebutuhan yang berbeda-beda, sehingga mereka akan memenuhinya dengan cara-cara yang berbeda pula. Motivasi yang mempengaruhi konsumen dapat berasal dari luar diri konsumen dan dapat pula berasal dari dalam diri konsumen tersebut. Motivasi itu sendiri adalah dorongan yang timbul karena adanya kebutuhan yang harus dipenuhi oleh konsumen. Kebutuhan yang tidak terpenuhi ini akan menimbulkan tekanan (tension) yang membuat konsumen tersebut merasa tidak nyaman. Teori kebutuhan ini menggunakan beberapa teori dari para pakar perilaku konsumen, seperti teori Maslow dan teori McClelland. Dalam teorinya, Maslow mengungkapkan tiga hal mengenai teori kebutuhan, yaitu kebutuhan sosial, kebutuhan ego, dan kebutuhan aktualisasi diri. Kebutuhan sosial ini seperti kebutuhan akan menikah, kemudian kebutuhan ego adalah kebutuhan untuk menjadi sesuatu yang diinginkan, serta kebutuhan aktualisasi diri adalah kebutuhan yang harus dipenuhi untuk menjadi seseorang yang dapat membuktikan sesuatu atas potensi yang konsumen tersebut miliki. Namun sayangnya, Maslow sendiri pernah menyesali teorinya sendiri karena adanya kesalahan penggunaan pada teorinya. Sedangkan pada teori McClelland, McClelland juga membagi teori kebutuhan menjadi tiga, yakni kebutuhan sukses (achievement), kebutuhan afiliasi (affiliation), dan kebutuhan kekuasaan (power).

Kemudian, kepribadian konsumen yang juga berbeda-beda, dapat menjadikan konsumen memilih suatu produk berbeda-beda pula. Hal ini dikarenakan perbedaan kepribadian tersebut merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi keputusan konsumen dalam memilih produk. Kepribadian itu sendiri memiliki arti sebagai karakteristik psikologis yang paling dalam pada diri konsumen. Kepribadian ini akan mempengaruhi tingkah laku konsumen, dimana nantinya konsumen akan memberikan reaksi yang selalu sama dalam menghadapi sesuatu, atau bisa dibilang merupakan respon konsisten seseorang terhadap rangsangan lingkungannya. Kepribadian ini akan menunjukkan konsistensi konsumen dalam melakukan sesuatu, seperti dalam memilih suatu produk. Namun, kepribadian pada diri konsumen dapat berubah saat konsumen berada dalam keadaan yang mendesak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s