share ur story, ur world, ur love !

Ramadhan : PEMBERANTAS Penyakit Hati

Puasa di bulan kesabaran, dan tiga hari dari setiap bulan, akan menghilangkan penyakit di dada. (HR.Ahmad, Nasa’i, Abu Daud dan Al-Bazzar)

Bulan kesabaran itu, maksudnya bulan Ramadhan. Hadits itu bener juga, lho. Kalo mo ngilangin segala jenis penyakit hati, mendingan puasa, deh. Kenapa harus diilangin penyakitnya? Iya, dong! Harus! Soalnya, hati yang rusak itu bisa bikin kita bertindak gak baik juga. Penyakit hati itu sumber lahirnya pikiran kotor, niat jahat, perkataan busuk, sama semuanyaa deh yang berhubungan sama kejelekan. Makanya, kita harus ngilangin penyakit-penyakit hati itu. Caranya? Puasa, dong!

Penyakit hati itu banyak, men. Dengki, dendam, marah, murka, bohong, nipu, benci, sikap memusuhi, en bisikan kotor dan jahat. Atau ada yang mau nambahin? Ohoho, silahkan, kalo emang ada:mrgreen: .

Penyakit-penyakit hati itu bisa ‘ilang’ kalo kita rutin puasa. Lah kok rutin? Iya, dong. Kalo Cuma sekali puasa, gak bakal ada pengaruh apa-apa. Coba deh diamatin. Kebiasaan jelek gak bakal ilang kalo kita gak ngebiasain diri buat ngelakuin sesuatu yang baik. Sama kayak gitu. Penyakit hati itu gak bakal ilang kalo kita gak rutin puasa. Makanya, Allah ngasih bulan Ramadhan buat kita. Makanya, Allah nyuruh kita puasa satu bulan lamanya. Makanya, kita juga harus puasa selama tiga hari di bulan-bulan lain selain Ramadhan. Makanya…  makanya…  makanya…*apacoba*

Bukan apa-apa. Semua itu kan buat terapi.  Terapi itu butuh ‘keberlanjutan’. Gak bisa cuma sehari dilakuin. Kalo emang cuma mau sehari puasa, silahkan. Tapi jangan harap penyakit hatinya bisa ilang (walah, ngancem:mrgreen: ). Ehh, iya serius *pasang tampang serius*.

Sekarang pertanyaannya, kok bisa penyakit hati bisa ilang kalo puasa!

Great, pertanyaan keren! *apa?*

Ehehe, siapa mau jawaaab?

Ah, aku aja, deh:mrgreen:

Gini sabda Rasul :

“Puasa adalah perisai. Oleh karena itu janganlah ia berkata dan bertindak cabul, janganlah ia berkata dan bertindak bodoh, dan janganlah ia berteriak-teriak emosional. Apabila seseorang mencelanya atau menantangnya berkelahi maka hendaknya ia berkata, ‘Sesungguhnya aku sedang berpuasa,’” (HR. Bukhari)

Disitu udah jelas banget, tuh. Karna puasa itu perisai, makanya jangan dirusak sama hal-hal yang bikin perisai itu rusak. Perisai itu rusak karna perbuatan-perbuatan jelek tadi. Nah, karna kita udah biasa nahan diri buat gak ngelakuin hal-hal jelek itu (kan satu bulan?), akhirnya kita bisa deh ‘sembuh’ dari penyakit hati yang pernah tinggal di diri kita! Yippiiee!

 

**Referensi : Nursyam, Fakhruddin. 2008. The Great Power of Ramadhan. Solo : Era Intermedia.

3 responses

  1. Sebentar lagi nih, mari siapkan diri menyambut bulan puasa,..

    July 2, 2011 at 17:59

  2. Bener mbak, salam kenal ya.

    September 2, 2011 at 10:29

    • hehe. salam kenal juga~^^

      September 30, 2011 at 09:48

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s