share ur story, ur world, ur love !

Kekhususan dan Keistimewaan Bulan Ramadhan

Hmmm, apa aja yak? Ini dia :

1. Puasa Ramadhan adalah rukun keempat dalam Islam

“Islam didirikan di atas lima sendi, yaitu: syahadat tiada sembahan yang haq selain Allah dan Muhammad adalah rasul Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, puasa Ramadhan dan pergi haji ke Baitul Haram. ” (Hadits Muttafaq ‘Alaih).

Dari hadits itu, bisa kita liat kalo puasa itu penting banget! Soalnya, puasa itu salah satu sarana penting untuk mencapai takwa, dan salah satu sebab untuk ngedapetin ampunan dosa-dosa, pelipatgandaan kebaikan, dan pengangkatan derajat. Allah ngejadiin ibadah puasa khusus untuk diri-Nya dari amal-amal ibadah yang laennya. Ini buktinya, firman Allah dalam hadits yang disampaikan oleh Nabi:

“Puasa itu untuk-Ku dan Aku langsung membalasnya. Orang yang berpuasa mendapatkan dua kesenangan, yaitu kesenangan ketika berbuka puasa dan kesenangan ketika berjumpa dengan Tuhannya. Sungguh, bau mulut orang berpuasa lebih harum dari pada aroma kesturi.” (Hadits Muttafaq ‘Alaih).

Dan sabda Nabi :

“Barangsiapa berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. ” (Hadits Muttafaq ‘Alaih).

Jadi, biar kita bisa dapet ampunan dengan puasa Ramadhan, harus ada dua syarat di bawah ini :

– Mengimani dengan benar akan kewajiban ini.

– Mengharap pahala karenanya di sisi Allah Ta’ala

2. Al-Qur’an diturunkan pada bulan Ramadhan

Al-Qur’an itu istimewa banget. Isinya komplit, apapun yang kita tanyain ada disana semua jawabannya. Al-Qur’an itu penunjuk yang benar buat orang-orang mukmin. Udah jelas disana yang baek sama yang buruk. Dan istimewanya, Al-Qur’an ini turunnya di bulan Ramadhan. Ehm, perfect!

3. Pada bulan ini disunatkan shalat tarawih

Nah, istimewa banget ‘kan? Cuma bulan Ramadhan loh! Tau nggak buat apa? Yep, bener banget! Kalo kita shalat tarawih pas bulan ini, berarti kita mengikuti jejak Nabi, para sahabat dan Khulafaur Rasyidin.

4. Di bulan ini terdapat Lailatul Qadar (malam mulia)

Tau Lailatul Qadar ‘kan? Itu loh, yang sering kita denger, malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Seribu bulan? He-eh. Seribu bulan itu sama kayak 83 tahun 4 bulan. Waooow o.0. Subhanallah. Umurku aja ga bisa dipastiin apa bakal nyampe 83 tahun😐 . Malam Lailatul Qadar itu, malam dimana pintu-pintu langit dibuka, do’a dikabulkan, dan segala takdir yang terjadi pada tahun itu ditentukan.

Ini sabda Nabi :

“Barangsiapa mendirikan shalat pada Lailatul Qadar karena iman dan mengharap pahala, dari Allah niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (Hadits Muttafaq ‘Alaih).

5. Bulan terjadinya perang badar

Yep, betool. Di bulan ini pernah terjadi peristiwa besar, yaitu Perang Badar, yang keesokan harinya Allah ngebedain antara yang haq (benar) dan yang bathil (salah), sehingga Islam dan kaum muslimin menang dan kaum musyrikin hancur.

6. Bulan pembebasan kota Makkah dan kehancuran syirik dan keberhalaan

Bulan Ramadahan, bulan dimana Makkah Al-Mukarramah dibebaskan dan Allah memenangkan Rasul-Nya, sehingga banyak orang masuk ke agama Allah (Islam) dan Rasulullah menghancurkan syirik dan paganisme (keberhalaan) yang ada di kota Makkah. Dan Makkah pun menjadi negeri Islam.

7. Pada bulan ini pintu-pintu surge dibuka, neraka ditutup dan setan diikat.

Nah, banyak banget kan keistimewaannya? (I like this one! I like this one! I like this one! – I let my heart yelling)🙂 Alhamdulillah, Allah bener-bener sayang sama kita semua😉

 

 

***

Referensi : ebook Shifati Shaumin Nabiyyi SAW fii Ramadhan dari guruku:mrgreen:

3 responses

  1. Pingback: Hadits Tentang Keutamaan Ramadhan « My Love, My Life !

  2. 1noel

    mantaf nih.. I like it..

    June 26, 2011 at 23:02

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s