share ur story, ur world, ur love !

Kenapa Nulis di Blog?

Setelah sekian lama aku menunggu untuk kedatanganmu~~  #ehhh #salah

Setelah sekian lama aku blogwalking, kebanyakan orang ngejadiin blog mereka itu sebagai diari online mereka. Kenapa gak di buku biasa aja? Hmm, biar ga ketauan kali ya, diari mereka. Atau, mungkin takut dibaca orang lain? Hmm, gatau juga. Banyak yang bisa dijadiin alasan. Kalo mereka yang bener-bener diarinya jadi rahasia dan gak bisa dibaca orang lain, pastinya mereka bikin blog mereka jadi private, dong. Di wordpress bisa kan dibikin gitu? Nah, kalo enggak? Berarti mereka udah siap nerima resiko blog mereka dibaca orang lain dan dikomentarin.

Sekarang, gimana dengan blogku?

Blogku ini gak jauh-jauh amat sama yang laennya. Dominasi kontennya (euleuh, bahasanya!) curhatan yang bahasanya nggak jelas gimana gitu (?). Mungkin gak karu-karuan. Mungkin jelek. Atau mungkin malah (sok) nyastra? Kayaknya enggak deh yang terakhir.

Dan ternyata, itu masalahnya. Bukannya aku udah niat buat dakwah? Bukannya bahasa yang dipake sama orang-orang yang dakwah biasanya yang berat-berat?

Bingung. Tapi itu cuma awalnya. Soalnya pada akhirnya aku mutusin, buat tetep make bahasaku yang kayak gini. Kenapa? Ohhh, kenapa? Eheh, lebay. Oke, aku jelasin.

Pertama, pembaca blogku gak cuma orang tua dewasa. Ada yang sebaya sama aku, atau bahkan lebih muda dari aku. eSDe? Gak menutup kemungkinan sih. Bisa aja mereka nyasar ke blogku yang imut satu ini. Ehm, ini bukan aku asal bicara loh yak. Dulu, pas aku masih ‘cuma’ punya multiply, banyak yang nge-add jadi temenku itu dari kalangan eSDe. Masa’ yang di WordPress gak ada sih? Jadi deh, aku putusin buat pake bahasa yang kayak gini. Jadi meskipun sekalipun walopun (iiissh) anak-anak yang nyasar mbaca blogku, mereka juga bisa ngerti (eh? Iya gak ya? Iya kali ya?). Yah, bahasanya gak berat-berat amatlah. Jadi mo jadi da’i yang kayak pildacil itu? Ya enggaklah. Ga mesti gitu juga kan? -,-“

Kedua, aku mau tulisanku ini berkesan santai dan nggak dibuat-buat. Bener-bener bercerita ke orang lain. Bukan menggurui. Kalo udah ngebaca tulisan serius dan terkesan menggurui, yakin, deh, gak cuma anak-anak, tapi orang tua dewasa juga bakal bosen. Oke, kalo orang tua dewasa mungkin bisa aja betah. Tapi gak semua orang punya sifat atau sikap yang sama kan? Mungkin kekurangan dari tulisannya bakal kerasa subjektif banget (maksud?), tapi… apa nggak bisa dicantumin sumbernya kalo emang ada opini/ pendapat dari orang lain? Aku yakin masih bisa.

Yang ketiga. Terakhir, nih. Aku sendiri ngerasa seru, kalo dengan bahasa kayak gini aku bisa ngasih tulisan yang ‘cukup berbobot’ buat orang lain. Ga segitunya sih. Emang, cuma ada sedikit hikmah dari tulisan-tulisanku. Bukannya mau sombong, tapi dengan bahasa kayak gini, orang lain bakal ngira ini sepenuhnya curhatan, tanpa bakal ngira kalo ada makna di dalamnya… *uhuuy, bahasanya!*

Pada akhirnya, aktifitasku nulis di blog juga bakal aku jadiin pelajaran dan pemacu buat diriku sendiri untuk berubah jadi lebih baik. Ehh, ini juga salah satu bentuk syukurku, ding. Soalnya aku dikasih kelebihan berupa akal buat mikir. Mikir apa? Apapun. Yang bisa aku pikiran dan bisa aku bantu untuk selesein. Asal  bukan dipikirin buat ngejadiin pikiran itu beban. Kalo emang bakatku itu nulis dan bisa dikembangin lewat blog (apalagi isi blognya bisa berguna buat orang lain, amiin), bukannya itu salah satu bentuk syukur? Bisa memaksimalkan (syukur) apa yang udah Allah kasih, bukan ngebiarin dan gak peduli (kufur) karna ga dipake atau dimanfaatkan. Hmm, apalagi ngajak orang lain buat menyadari kemampuan yang mereka miliki. Subhanallah, perfect, tuh!

37 responses

  1. pertamax ahh…hehee

    June 25, 2011 at 14:37

  2. Saya suka bahasanya, simple dan mudah dimengerti… Lanjutkan.
    Kalau sudah kenal lebih dekat mgkin saya akan suka sama yg nulis… Hehehe…
    *Piss* atuh…

    June 25, 2011 at 15:00

  3. wuiihh mantap,
    Udah di konsep sedemikian rupa..
    Kalo gue sih nulis apa yg pngen gue tulis..
    Hehehehe..
    Patut dicontoh nih..

    Nitip akh..
    http://setiaonebudhi.wordpress.com/2011/06/25/54l4h-g403l/

    June 25, 2011 at 15:56

    • he-eh… heheh😀

      June 26, 2011 at 09:47

  4. saya nulis di blog untuk ngusir kegelisahan di hati..😀

    June 25, 2011 at 16:04

  5. Fadhly Mhd

    Kalau tulisannya di tulis dibuku, kdang2 bsa ilang tu bukunya..atau lpa meletakannya,,kalau di blogkan gmpang tinggal msukkan username dan password langsung bsa nulis de… Hehe….

    June 25, 2011 at 18:01

    • iya ya gampang, hoho:mrgreen:

      June 26, 2011 at 09:48

  6. kalo saya sih cuma pingin menghibur aja.
    Cara menghiburkan bermacam-macam..

    June 25, 2011 at 19:18

    • salah satunya nulis cerita harian (?)

      June 26, 2011 at 09:49

  7. karena cuma di blog aja media gratis yg bisa bikin kita ngluarin tulisan kita tanpa harus nyari2 penerbit..

    June 25, 2011 at 21:11

    • weheh, tanpa nyari penerbit?

      June 26, 2011 at 09:49

      • kalo misal punya novel kan g mungkin diterbitin sendiri.. hehe

        June 26, 2011 at 12:50

      • he-eh… bener -.-“

        July 1, 2011 at 17:23

  8. Mhantab,,, jadi terinspirasi,,,,

    June 25, 2011 at 21:24

    • alhamdulillah… ^^

      June 26, 2011 at 09:49

  9. yang penting bibit, bebet, bobot, sama babatnya😀
    eh. (?)

    June 25, 2011 at 21:38

    • ah? babat?
      siapa yang mau dibabat? (lho?)

      June 26, 2011 at 09:50

  10. Aku suka yang ke 2..

    June 26, 2011 at 00:28

  11. ngeblog buat ngisi waktu, curhat dan berbagi

    http://negeribocah.wordpress.com/2011/06/24/blog-bahasa-indonesia-atau-bahasa-inggris/
    pilih yang mana?

    June 26, 2011 at 02:30

    • semuanya! #eh

      June 26, 2011 at 09:51

  12. hohoho … bagus bagus, terusin nulisnya ya … ^^

    June 26, 2011 at 02:59

  13. ringkas,padat,tajam dan terpercaya hehe…(berita kalee)…piss.

    June 26, 2011 at 08:16

    • heheh. harus itu. *maksudnya?*

      June 26, 2011 at 09:51

  14. keren.

    #singkat amat komennya#

    June 26, 2011 at 09:33

    • apanya yang keren? *bingung*

      June 26, 2011 at 09:52

  15. Tempat mengekpresikan diri. Lewat karya tulisan. Tanpa sadar, yang bikin diary di blog itu udah ngebikin sebuah cerpen. Its good, right?

    Ada juga yang bikin blog buat sharing pengalaman/apa pun itu.

    Yang pasti blog itu sama kayak yang dibilang bang elnicovengeance…. Gampang dan gratis..

    June 26, 2011 at 11:35

  16. Pingback: [Al-Yaum 156] Ayo Ikut Lomba Blog Islami! « My Love, My Life !

  17. ngeblog buat nambah temen hehe blogwalking neh salam😀 latarnya hijau jadi enak dilihat sam,bil minum teh hijau😉

    June 26, 2011 at 17:31

  18. kalo kaka sih pengen berbagi cerita kehidupan di SMA, terutama kalo yang mau masuk ke sekolah kaka, hehehe…

    eh iya, cara masukin lagu ke wordpress gmn sih? dari kemaren kaka ga bisa-bisa – -”
    lagunya Marry You-SuJu yah?

    July 1, 2011 at 12:31

Leave a Reply

