share ur story, ur world, ur love !

Apa Alasannmu Bikin Blog?

Hmm, sejujurnya, pertanyaan ini ada di kepalaku sejak aku punya blog, yang di blogger, multiply, atau yang di wordpress ini. Sekarang, yang blogspot udah aku hapus. Yang multiply jarang diurus soalnya loadingnya terlalu lama buat aku yang cuma punya koneksi apa adanya. Yang wordpress? Nah ini. Masih bertahan.

Awal aku mbuat, gatau ini blog mau diapain. Awalnya diisi catetan gak penting. Lama-lama tambah nggak penting. Ah, enggak ding.

Niatku mulai diubah abis mbaca buku tentang blog yang islami itu. Lupa judulnya. Dulu mbacanya waktu awal-awal kelas XI. Nah, dari situ aku pengen dakwah, lewat blog.

Oke. Dakwah.

Agak berat emang. Tapi kalo bisa dibikin ringan, kenapa harus mikirin yang berat? Dakwah ‘kan nggak mesti lewat ceramah. Nggak harus kiai, ulama, atau ustadz/ustadzah. Apa harus pernah jadi santri? Hmm, enggak juga. Oke. Aku emang seorang santri. Tapi jujur, ilmuku dikit banget. Aku nggak tau apa-apa. Benerrr. Aku cuma mau dakwah pake status pelajar. Atau minimal, karna aku seorang muslimah deh.

Kata-kata “Ballighuu ‘anni walau ayah” mungkin bisa dijadiin motivasi buat aku, ato mungkin buat temen-temen blogger. Ehm, tau artinya ‘kan? Eh, iya itu. Bener! Sampaikan dariku walau hanya satu ayat. Hemm, gapapa ‘kan walopun cuma satu ayat? Boleh! Daripada engga sama sekali ‘kan?

Yah, meskipun aku nulis diari online, setidaknya harus ada hikmah meskipun sedikit. Jadi gak cuma sekedar cerita. Termasuk dakwah juga ‘kan, kalo aku nyampein ilmu atau sesuatu yang lain yang baru aku dapet? Eheh, meskipun (cuma) dikit…:mrgreen: .

Karna aku mutusin buat dakwah lewat blog, lewat cerita en catetan harian online-ku, otomatis bakal ada pembaca en komentator juga, dong. Nah, mereka yang dating itu, aku bales komennya, anggep aja ngebales sapaannya. Buat komentator yang punya blog juga, aku kunjungi balik buat ngejaga etika ngeblog. Plus ngasih komentar disana juga, pastinya.

Bagiku, hal kayak di atas barusan (kunjungan balik) gak akan terjadi kalo keinginannya untuk berteman itu dikit atau malah gak ada sama sekali. Otomatis juga, jalinan silaturrahmi yang ada gak sekuat mereka yang rajin komunikasi.

Tapi…

(Menurutku lagi) mereka yang bisa ngejalin silaturrahmi sih, kayaknya mereka yang punya blog sendiri-sendiri, deh. Soalnya, sering aku liat kalo mereka yang punya blog ato web yang isinya dihuni banyak orang, silaturrahmi lebih kuat ke pihak-pihak penghuni blog/web itu sendiri (eksklusif, bukan inklusif) *nah lho, bahasa mana itu* .Hmmm, tapi gak selamanya jugak sih.

Nngg… kalo begini (atao begitu juga boleh) aku harus ngejaga postinganku biar tetep ‘baik’ nih. Gak boleh macem-macem. Udah niat dakwah ‘kan? Jadinya harus kasih contoh yang bagus juga biar bisa ditiru sama pembaca. Masalahnya blog sekarang udah umum sih. Banyak yang pake dan kemungkinan besar banyak yang saling baca juga karna udah tuntutan teknologi. Jadi, jangan sampe posting yang aneh-aneh, deh! Jangan-jangan ntar malah jadi konsumsi yang berbahaya😐

7 responses

  1. betul sekali, usahakan sekecil apapun yang kita lakukan itu mengandung unsur ibadah, karena dunia ini ladang ibadah. ngeblog dengan niat dakwah juga ibadah, niatnya cuma buat silaturahim juga ibadah, yang penting niatnya yang baik2..

    June 25, 2011 at 13:57

  2. alasan kita sama ternyata..
    hoho..

    June 27, 2011 at 07:24

    • eh? iya-kah? *toast*

      July 1, 2011 at 17:37

  3. Yang jelas di blog ini banyak tukangnya, tukang cerita, tukang kasih trik, tukang dakwah, tukang colong (copas), tukang apa lagi ya ? Hehehe….

    June 29, 2011 at 19:43

    • eh? tukang colong? engga juga ah. aku selalu kasih sumber kok. ga nyolong gitu aja.

      July 1, 2011 at 18:00

  4. Ya emang ada yang tukang colong kok mbak, hehehe… Bukan mbak. Hehehe….

    July 1, 2011 at 20:17

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s