share ur story, ur world, ur love !

[Al-Yaum 132] Utang : Bikin Matre

Oke oke.

Aku gak mau ngejelasin panjang lebar maksud judul postinganku, wk.

Beberapa hari yang lalu, kalo gak salah berarti bener, tanggal 27 aku presentasi soalnya masuk final lomba KTI. Tingkat Madura. Weheh. Dipilih finalis 10 orang. Aku salah satunya, nomer tiga. Tapi waktu mau presentasi aku dapet lotre nomer 9 *eh*. Satu nomer sebelum terakhir. Dipilih tiga besar. Aku ga masuk. Tapi katanya (juri) juara 4 *lah?*. Karyaku juga (katanya) mau dimasukin ke Jurnal Ilmiah Kampus. Nguk. Hehe. Aneh. Padahal juara 1-2-3-nya gada yang dipilih masuk. Apa itu ya, yang bikin aku juara 4, yang aslinya ga ada? Hoho. Oh iya, FYI, juara 1 kalo gasalah dapet dua juta deh. Kayaknya. Kalo juara dua, dapet 1 jutaan gitu. Apa 1,5 gitu lahh (?). Baru juara tiganya, yang aku pasti tau, dapet tuju ratus rebu. Sisanya, tujuh finalis yang ga juara, tetep dapet uang. Dua ratus ribu. Termasuk aku. Hoho. Aneh kan aneh kan aneh kan? Wkwk.

Jujur, aku yang lagi kere seneng banget dapet uang. Bagiku—yang lagi kere—uang duaratusribu itu buanyaak banget. Meskipun dipotong 10% buat kelompok nulisku. Meskipun dipotong limapuluh ribu buat ganti uang transport pergi ke tempat lomba. Meskipun dipotong seratus dua lima buat bayar utang. Nah, ini nih. Aku seneng dapet uang karna sebenernya seneng bisa ngelunasin utang (niatnya). Berapa sisanya? Itung deh : Rp200.000-Rp20.000-Rp50.000-Rp125.000 = Rp5000 (?) Innalillah. Yah kalo gini mah sama aja atuhhh. Nguk. Harga diri. Ternyata. Wheew.

Tapi, yang baru selese aku bayar baru uang ganti transportnya aja. Yang sepuluh persen belum dibayar. Yang satudualima jugak belom. Masih ada sisa seratus lima puluh di amplop (ehem!amplop?). Tadinya, udah mau dibayar. Eh, waktu aku mau pergi, ngerogoh saku, amplop ilang. Nyeseeeekk. Seratus lima puluh ribu! Kebayang gak sih aku ganti pake apa utangku kalo gak pake uang itu? Hikz. Aku nelpon ortuku yang ada di jogja. Bingung. Minta uang. Panik. Tapi aku nggak enak jugak minta-minta gitu. Harga diri! Heheh. Meskipun aku jugak berhak sih. Tapi aku gaaak enaaak!

Kata abi : Ikhlasin aja. Niatin shodaqoh buat yang nemuin tuh uang. Jangan diungkit-ungkit lagi.

Aku : Terus aku bayar utang gimana donk?

Abi : Ambil aja di Bank.

Aku : Gamau…

Abi : Loh? Gimana?

Aku : mau pake uangku sendiri… (nguk)

Abi : Terus mau gimana lagi??

Ahhh. Iya deh. Ntar. Kalo emang ga ketemu, baru deh aku mo ambil uang.

Aku udah gamau mikirin lagi. Kalo udah mulai mikirin, biasanya aku nyoba ikhlasin. Pasti dapet ganti yang lebih gede. Gitu aja aku ngomong dalem hati. Tapi, kalo aku boleh berharap, semoga aja yang nemuin orang gak mampu. Lumayan kan? Anggap, aku shadaqah sama orang gak mampu😀

Abis aku pulang dari pergi itu, aku iseng nemuin mbak-mbak di situ. Bukan gamau nglupain, ato bukannya mau ngungkit-ngungkit lagi, tapi kali aja.

“Mbak, liat amplop gak? Jatuh, kayaknya..”

“Oh? Putih ya? Udah sobek atasnya kan?”

“Nah! Iya!”

“Isinya seratus lima puluh kan?”

“Iya! Bener banget!”

“Sekarang dimana mbak?”

“Ada di Nyai..”

“Ohya?”

Iya, katanya. Dan Nyai ngasih uang itu ke aku, tau itu punyaku.

Wah.

Padahal udah niat gitu mo dishadaqahin.

Hehe.

Masak aku shadaqah ke aku sendiri? Wkwk.

Udahlah. Ambil hikmahnya aja …🙂

 

 

* sumber gambar : disini😀

3 responses

  1. Luar biasa. Memang jadi orang jangan mudah menyerah.😀

    June 3, 2011 at 14:01

  2. wah, ikhlas berbuah berkah. eniwei, yang 5000nya mau dibeliin apa? Duku? nguk.

    June 4, 2011 at 23:19

    • permen karet aja deh.
      nguk *angguk2 sendiri*

      June 5, 2011 at 07:08

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s