share ur story, ur world, ur love !

Pelajaran Baru Hari Ini : Hadist

Pelajaran tambahan di jadwal baru.

Guru baru.

Aku gak bisa ngira-ngira gurunya kayak apa. Namanya Fahmi Y. Siapa Y-nya? Rahasia donk. Nanti kalo ketahuan kamu pake buat nama samaran.

Gurunya lumayan. Lumayan apa? Ya gitulaahh. Ngomongnya ngarab. Kaget aku. Ini mah Ustadz Fikri kedua. Aku mikir gitu. Gatau Ustadz Fikri? Nanti kapan-kapan aku posting… Bedanya, Ustadz Fikri kosakatanya ringan, Ustadz Fahmi berat-berat. Pusiiing. Bingung.

Oke, kayak guru-guru sebelumnya, yang emang gak pernah tahu kami–murid-muridnya–sebelumnya, ngabsen kami. Lumayanlahh. Kan, tak kenal maka tak sayang. Apalagi di kelasku muridnya cuma 15 orang. Biasalaahh. Kelas paling beda. Aneh, unik.

Dimulai dari hurup A. Ngabsen dari temenku yang duduknya persis di belakangku.

“Alayki U**** U*** ” sengaja gak ditampilin nama lengkapnya. Sifat orang kan beda-beda =p. Itu nama aslinya eun. Ngacung dia.

“Ini beneran nama kamu Alayki?(Ustadz nahan ketawa)” Iya Ustadz. Itu Eun jawab.

“Haha… wajib ya” temen-temen sekelas ikut ngakak (FYI, alayki itu kalo dalam bahasa arab artinya wajib bagimu ato wajib atasmu)

Min ein?” maksudnya dari mana.

Sumenep, ustadz.”

Ein Sumenep?” (bingung dia. Itu maksudnya Sumenep itu dimana ato pas dimananya?)

Kolor,” itu kata Eun akhirnya. Aku ngakak setengah mati. Itu nama tempat. Kolor.

Kolor?” itu Ustadz nanya.

“(sambil ngangguk)kotanya tadz, kota

Ein syari’?” artinya jalan apa. Terus Ustadz mandang Eun.

Trunojoyo

Trunojoyo mana? (Masyaallah… batin Eun) Anu . . . di hotel wijaya?

Na’am tadz” maksudnya iye.

Mananya masjid?

Nggak Tadz, di pasar

Ooo. Pasar. Pasar anom barunya?

Iya, Tadz.

Temen-temen ngakak, berarti rumah Eun di pasar.

Eh, engga Tadz, di sebelahnya pasar…

***

Absen kedua, Farida.

Min ein?

Sumenep, ustadz.

Ein Sumenep?

Ganding.

Ein Ganding?

err…. ke s****

mananya pasar?

(ampun, aku ngakak sama eun. kenapa pasar lagi?)

***

Absen ketiga, He***.

Min ein?

Sumenep. (Sumenep bener-bener mendominasi ya)

Ein sumenep?

Lenteng.

Sebelah mananya pasar? (ini ustadz apa hafal semua pasar di berbagai tempat ya?)

Ke barat pasar, tadz.

Mananya kuburan? (alhamdulillah, bukan pasar lagi).

Kan ada kuburan islam tadz, di sebelahnya kuburan cina, terus masuk tadz.

(hah? –> ini ekspresi temen-temen. kaget, rumahnya ela kok masuk kuburan).

***

Absen keempat, Iim.

Min Ein?

Pamekasan.

Ein Pamekasan?

Pademawu.

Ein Pademawu?

(aku engga dengerin bagian ini… aku juga gatau Iim ditanyain deket pasar ato engga, yang jelas ngomongin masjid sotok, yang namanya tante jelas gabisa nahan ketawa. Di bayangannya dia masjid sotok itu masjid yang didorong… –> madura : sotok=dorong)

***

Absen kelima, Amel.

Min aina anti?

Pamekasan.

Aina Pemekasan?

Kadur…

Aina Kadur? Ke barat pasar, bawah, atas? (lagi-lagi temen-temen ngakak)

Ke barat pasar ustadz…

Di mananya masjid?

Di larangan luar, Ustadz…

Aina?

Di baratnya kecamatan…

***

Absen keenam, Luna.

Min Aina?

Sumenep, Ganding.

Aina Ganding?

Larangan.

Deket pasar?

Na’am, ustadz.

Deket pesantren yang baru?

Na’am ustadz.

***

Absen ketujuh, aku.

Min aina?

Min Jugjaakartaa ustadz.

Aina Jogjakarta?

Nng….(aku mikir lama banget. Enaknya ngasitau yang mana ya ke ini ustadz?)

Deket-deket krapyaklahh tadz…

Ooohh, kamu binti min *****di?

Na’am ustadz… (temen-temen ngakak lagi, kenapa? gara-gara aku gak bisa nyembunyiin kedok… ternyata Ustadz ini kenal sama bapakku)

***

Absen kedelapan, Naila A******

Min aina?

Sumenep Ustadz.

Aina Sumenep?

Prenduan…

(lagi-lagi ngakak. bukan apa-apa, meskipun prenduan masuk daerah sumenep, tetep aja, kalo bilang sumenep biasanya dikirain di kota-nya)

***

Absen kesembilan, Naila*** F*******

Min Aina?

Min Jember.

Aina jember?

Kebonsari.

Kebonsari aina?

eee… Letjen Sutoyo.

Aina Letjen Sutoyo?

(percakapan berlanjut, aku malah bingung sendiri ndengerinnya)

***

Absen kesepuluh, Rauda*** H

Min Aina?

Riau, Ustadz.

Aina Riau?

Sumatera, Ustadz.

(ngakak lagi, iyalahh. daritadi jawabnya bukan begini)

Iya saya tahu kalo Riau itu di Sumatera, bukan gitu, kok malah tambah besar, saya daritadi nanya maksudnya tambah kecil. Daratan apa Lautan?

(aku ngakak keras banget. kalo di lautan mah nyelem. Tadz, yang bener, kepulauan, bukan Lautan…)

Pelalawan, ustadz.

Ohh, disana ada tempat perkumpulan sihir itu kan? Aduh, tapi saya gak inget namanya.

Na’am, hunaka maujud (ini Ratwo asal jawab).

Ooo.

***

Absen kesebelas, R**** A. Nama aslinya Han tuh.

Min aina?

Sampang.

Aina Sampang?

Labuhan, Tadz.

Ooo… pelabuhan?

Bukan Tadz, perbatasan Sampang- Bangkalan.

Dimananya Tanah Merah? Keselatan?

Iya Tadz. Eee… anu, Blega ke selatan.

Ooo… yang ke Modung itu?

Iya.

Di mananya pasar sapi?

(hah? batin Han)

Masih ke timur, Tadz.

Kemaren Pasaran sapi?

(Hah? Mau jual sapi Tadz?)

***

Absen kedua belas, R*** I

(ini aku beneran gatau ceritanya)

Absen ketiga belas, Sis*** AGM.

Ini aku juga gatau ceritanya…

***

Absen berikutnya… ah, udah berapa sih?

Oh, Empat belas. Vera. Kembaranku, haha.

Min Aina?

Blega Bangkalan.

Mananya pasar Blega?

Gini Tadz, ada jembatan, ada pasar, tengah-tengahnya.

(oh, nyemplung berarti : ini kata Ratwo)

***

Yang terakhir, absen terakhir. Gatau, aku lupa udah berapa. Warda*** H

Min aina?

Jember.

Aina Jember?

Tegal Besar.

Aina Tegal Besar? Gak tegal kecil?

Tegal Besar, Ustadz. Jalan Basuki Rahmat.

Belum pernah denger…

Di selatannya pasar sabtuan ada bengkel masuk gang Tadz…

O ya sudah (mungkin nyerah ya Ustadznya? hihi)

***

Ustadz sendiri?

Ustadz dari Kalianget.

Kalianget mana?

Karanganyar…

Karanganyar mana?

Dungmundung (aku engga tau tulisannya). Pas itu.

Oohh…

“Oya, kalo ada yang terlambat lagi, gak saya maafkan. Saya gak lihat hidung siapa itu” sebelumnya temen-temen emang telat masuk kelas.

“iya Tadz…”

hemmhh.

hari yang aneh.

6 responses

  1. Wow..

    panjang bwuangetz ceritanya..

    January 18, 2011 at 07:33

    • hehe.
      sekali-kalilaaahhh….

      January 18, 2011 at 13:48

  2. Wkwkwk kocak
    detil amat

    January 18, 2011 at 17:33

    • haha biarin :p

      January 18, 2011 at 18:07

  3. 😆

    January 21, 2011 at 13:40

  4. Pingback: [Al-Yaum 140] Pengumuman Proposal Terbimbing LKIR LIPI ke-43 | My Love, My Life !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s